Analisis Perencanaan Peralatan atau Perlengkapan Kantor

Ditulis oleh :
Nama.         : Ria ayu fatmala
Kelas           : XI OTKP 3
Absen          : 11

ANALISIS PERENCANAAN PERALATAN/PERLENGKAPAN KANTOR

Perenacanaan diterjemahkan sebagai tahap awal sebelum peralatan/perlengkapan kantor sebuah instansi. Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , kata "perencanaan" berasal dari kata dasar "rencana" yang berarti rancangan atau rangka dari sesuatu yang akan dilakukan atau dikerjakan pada masa yang akan datang.Dalam menentukan kebutuhan peralatan/perlengkapan kantor tentu dibutuhkan analisis kebutuhan, analisis anggaran, serta seleksi peralatan/ perlengkapan kantor sebagai proses merencanakan barang atau alat yang dibutuhkan sesuai skala prioritas dan anggaran perusahaan atau organisasi guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Langkah-langkah perencanaan pengadaan barang atau alat adalah sebagai berikut:
a. Menampung semua usulan pengadaan perlengkapan kantor yang diajukan oleh setiap unit kerja dan atau menginventarisasi kekurangan perlengkapan kantor.
b. Menyusun rencana kebutuhan perlengkapan untuk periode tertentu.
c. Memadukan rencana kebutuhan yang telah disusun dengan perlengkapan yang tersedia sebelumnya.
d. Memadukan rencana kebutuhan dengan dana atau anggaran yang tersedia.
e. Memadukan rencana (daftar) kebutuhan perlengkapan yang urgen dengan dana atau anggaran yang tersedia.
f. Penetapan rencana pengadaan terakhir.

TUJUAN DAN MANFAAT PERENCANAAN PERALATAN/PERLENGKAPAN KANTOR

faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyusun perencanaan peralatan/ perlengkapan kantor antara lain :
- a. Menggunakan prosedur pengelolaan peralatan/perlengkapan kantor.
- b. Menyesuaikan antara kebutuhan peralatan/perlengkapan kantor dengan biaya tersedia.
- c. Mengumpulkan dan mengelola data peralatan/perlengkapan kantor.
- d. Menyediakan dana menggunakan peralatan/perlengkapan kantor dalam kegiatan operasional.
- e. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan peralatan/perlengkapan kantor.
- f. Melakukan penghapusan peralatan/ perlengkapan kantor sesuai dengan prosedur yang berlaku .
- g. Menentukan jenis kuantitas dan kualitas peralatan/perlengkapan kantor yang dibutuhkan.


Buku paket
Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana.
(DWI KURNIAWAN)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mesin-mesin Kantor

Evaluasi Kegiatan Korespondensi